Pengenalan HTML

HTML kepanjangan dari Hyper Text Markup Language merupakan script dasar pemrograman terstrukyur berbasis web. HTML  memegang peran penting dalam mendesain website untuk dapat di tampilkan di jendela browser web dan biasanya hanya untuk menampilkan informasi maupun interface. Dikembangkan oleh W3C (Word Wide Web Consortium) sejak awal mula teknologi internet diciptakan.
HTML terus mengalami perkembangan pesat dari hanya sekedar menampilkan text dan gambar berevolusi untuk dapat menampilkan atau membuat menu interaktif, suara, video, efek animasi dan lain sebagainya.  Untuk dapat membuat dokumen HTML sangat mudah, karena tidak membutuhkan apliaksi yang susah didapatkan atau sangat rumit untuk dipelajari, Anda cukup menggunakan editor yang ada di sistem operasi windows yaitu aplikasi text editor seperti notepade, microsoft word ataupun wordpad tetapi saat menyimpan halaman HTML tersebut harus menggunakan ekstensi .htm atau .html.
HTML menjadi tulang punggung aplikasi berbasis web, sekalipun sejumlah teknologi pendukung aplikasi web telah muncul, peran HTML tetap tidak tergantikan. Setiap  halaman atau dokumen ditulis dalam format hyperlink yang dapat di klik, gambar grafis, animasi, video, dokumen multimedia, form yang dapat diisi, dan segala sesuatu dalam dokumen homepage dibuat berdasarkan perintah atau syntax HTML.

0 comments:

Post a Comment

Popular